Tips Cara Aman Login (Jejaring Sosial) Facebook

Tips Cara Aman Login Jejaring Sosial seperti Facebook adalah artikel share penulis ingin bagi kepada Sahabat pembaca. Punya Akun Facebook? hari gini penulis pikir siapa tidak kenal jearing sosial seperti halnya Facebook dimana tercatat jejaring sosial dengan member terbanyak di benua Asia saat ini. Semakin populer dan banyak peminatnya suatu site sangat riskan jika peran penting seperti aktifitas ataupun kegiatan online tidak diperhatikan keamanannya. Pembaca pasti sering mendengar Facebook adalah salah satu target tindak tidak bertanggung jawab sering bertengger, dengan meninggalkan jejak penyalah gunaan disana.

Daftar, Login Facebook

Oleh karena itu karena aktifitas serta data diri Anda sebagai pengguna merupakan aset berharga adalah nama baik (Data Privasi) penulis sangat memperdulikan hal tersebut dan disini dengan artikel kategori Facebook akan memberikan beberapa Tips ataupun Cara Agar Akun Facebook Aman dari tindakan tidak bertanggung jawab dilakukan oleh orang kurang tahu dengan Kode Etik, berikut adalah Tips yang dapat kami berikan kepada Anda.

1. Perhatikan URL Facebook

Cara sederhana namun sangat krusial, Saya katakan demikian karena dari URL (Uniform Resource Location) berfungsi sebagai petunjuk alamat suatu sumber dokumen seperti gambar, video dan halaman tertentu di Internet penulis dapat katakan URL adalah Gerbang Utama identitas pengguna dapat di Identifikasikan oleh Robot Internet, dan untuk mengetahui identitas diri itu setiap Aplikasi Browser terpasang fitur cookies, cache, history.

Adapun pemformatan definisi URL agar suatu informasi contohnya, data Privasi Anda dapat terkirim dari server ke client adalah HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dengan demikian apabila Anda Login ke alamat/ URL Facebook bukan pada alamat yang benar dengan sangat mudah data privasi akan terekam pada database si-pemasang URL Facebook Palsu. Penulis ingin sampaikan terkait URL perhatikan Alamat halaman Facebook dengan seksama, terdapat pada Address bar browser Anda. URL Facebook yang benar ataupun salah dapat dilihat sebagai berikut.

URL Facebook Yang Benar :
- http://www.facebook.com atau https://www.facebook.com
- http://www.facebook.com/login.php atau https://www.facebook.com/login.php

URL Facbook Yang Salah :
- http://www.facebooks.com
- http://www.facebooks.com/login/php
- http://www.facebook.com:
- http://www.facebook.com:.php dll

2. Perhatikan Aktifitas Login Ulang

Pada tips ke-2 ini masih ada keterkaitan dengan tips ke-1 yaitu, Perhatikan URL Facebokk. Pernah mengalami ketika berhenti melakukan aktifitas pada halaman Facebook secara tiba-tiba Anda diminta untuk login ulang? aktifitas seperti itu biasa terjadi pada pengguna Facebook selain sebab telah Saya samapaikan diatas masih ada sebab lain seperti mengintegrasikan aplikasi lain, seperti game atau bisnis di Facebook.

Perlu dicatat kegiatan Login ulang bisa saja benar bisa juga tidak benar. Tidak benar disini maksudnya adanya aktifitas pihak ketiga selain Anda dan Robot Facebook yang sedang mencoba mengecoh/ Akses Akun Fb Anda, bisa itu dari teman FB Anda ataupun bukan yang ingin membobol Akun Fb Anda dengan cara meletakkan Text Achor/Link di halaman wall facebook, bisa itu gambar, iklan bisnis, penawaran produk, video dll yang menyuruh Anda untuk meng-klik atau membuat Anda tertarik untuk meng-klik link tsb kemudian tampil halaman Login hati-hati itu adalah jebakan (Teknik Pishing). Dengan teknik tsb user+password akan terekam jika Anda tidak cermat dengan Login dihalaman dari link yang Anda klik.

3. Lakukan Ganti Password

Lakukan ganti password jika Anda pikir password sekarang yang gunakan sudah terbilang cukup lama. Biasanya jika Anda tidak pernah melakukan hal tersebut pihak Facebook akan merekomendasikan ganti password melalui pemberitahuan ketika akses Facebook Anda lakukan atau ketika Akun Facebook Anda mengalami masalah dimana Facebook mengidentifikasi ada kegiatan mencurigakan pada Akun Facebook Anda. Penulis ingin rekomendasikan kepada Anda lakukan inisitif untuk menggantinya sendiri jika password sudah berumur lebih dari 5/ 1/2 th.

4. Sembunyikan/ Hide Email

Jika Anda termasuk orang yang awam dengan istilah Security System baiknya lakukan pengaturan pada Facebook untuk menyembunyikan data Email dari Publik dengan merubahnya menjadi Hanya Anda. Dengan begitu email hanya dapat dilihat oleh Anda sebagai pemilik Akun untuk mengetahui sudahkah pengaturan non publik email diberlakukan bisa lihat dengan cara pilih opsi pada icon option disebelah kiri Log Aktivitas "Lihat Sebagai..." lalu lihat menu Tentang.

5. Jangan Beritahukan Password

Terdengar lucu barangkali siapa yang mau memberi tahukan password kepada orang lain, namun tidak untuk mereka yang memang belum tahu seberapa penting data privasi tersimpan dengan rapi tanpa ada pihak lain mengetahui selain Facebook itu sendiri. Saya rekomendasikan juga kepada Anda jangan beri tahukan password Anda kepada orang lain sekalipun itu Pacar, beda kasus jika mereka adalah Istri atau Suami Anda.

Posted by : Suhendri Mr
Seolow, Updated at: Sunday, April 07, 2013
 
Copyright 2013 Seolow All Rights Reserved
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net